STIS Darul Falah Berpartisipasi dalam Internasional Conference Of Islamic Education and Science Development 2024

Mataram, 12 Juni 2024 – Dua Orang Dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Darul Falah (STISDAFA) Pagutan Mataram, ikut berpartisipasi dalam Konferensi Internasional tentang Islamic Education and Science Development dan Analitik yang diadakan di Hotel Astoria Mataram NTB. Acara bergengsi ini dihadiri oleh ratusan akademisi, peneliti, dan profesional industri dari beberapa Negara. Dua dosen senior dari STIS Darul Falah Pagutan Mataram yakni Abrar, M.Pd dan Zulkarnain, M.Pd ikut berkontribusi dalam sesi panel yang membahas “The Importance of Reading Comprehension Ability on Kutub Al-Turats for Islamic Education in the Digital Era STIS DARUL FALAH PAGUTAN MATARAM NTB ICONSIDE 2024“. Dalam presentasinya, Abrar dan Zulkarnain memaparkan bahwa:

“In the digital era, reading comprehension skills are crucial in Islamic education, especially with the abundance of Kutub al-Turats as a rich source of religious teachings. These skills not only enable individuals to explore the meanings within religious texts but also allow them to respond to, analyse, and apply teachings effectively in everyday life. However, challenges such as the risk of unverified information and information overload require strong critical and analytical skills to filter and evaluate information sources. On the other hand, opportunities such as wide access to information sources, online learning platforms, and interactivity between learners and educators allow Islamic education to become more accessible and effective. By utilizing Technology wisely, Islamic education can enrich religious understanding, enhance critical skills, and make Islamic teachings relevant in the context of an ever-evolving world.”

Yang pada intinya dapat diterjemahkan bahwa kemampuan membaca kitab kuning di era digital tetap relevan dan penting. Dengan integrasi teknologi, pendidikan yang adaptif, dan pemahaman kritis, literasi kitab kuning dapat terus dilestarikan dan dikembangkan untuk generasi mendatang.

Selama sesi networking, Abrar dan Zulkarnain bertemu dengan beberapa peneliti dan praktisi dari berbagai negara, membuka peluang kolaborasi penelitian di masa depan. “Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk belajar dari rekan-rekan internasional dan melihat bagaimana mereka menerapkan teknologi dalam Pendidikan Islam” ungkap Abrar.

Pada akhir sesi Abrar, M.Pd Dosen STISDAFA mengucapkan Terimakasih kepada Panitia Konfperensi Internasional UIN mataram yang secara luar biasa telah memberikan contoh dialektika keilmuan dari hasil riset riset keilmuan islam. “Selamat dan Sukses!”


Galeri Kegiatan

Sesi presentasi materi yang disampaikan oleh Bapak Abrar,M.Pd dengan tema the Importance of Reading Comprehension Ability on Kutub Al-Turats for Islamic Education in the Digital Era STIS DARUL FALAH PAGUTAN MATARAM NTB ICONSIDE 2024

Kedua Dosen STIS Darul Falah yang menjadi presenter dalam Konferensi Internasional tentang Islamic Education and Science Development dan Analitik yang diadakan di Hotel Astoria Mataram NTB tanggal 13 Juni 2024

Congratulation For UIN Mataram

https://youtu.be/EdgS_4a40yA

Facebook Comments Box