Dr.Muhammad Arifin, Dari Banyumulek Untuk Darul Falah

Dr. Muhamad Arifin, S.Pd, M.Pd lahir di Banyumulek, 31 Desember 1990. Ia adalah anak ke empat dari pasangan Bapak Arimah dan Ibu Kartini. Ia menikah dengan Husnul Faizah, SH,I dan memiliki dua anak, anak pertama berusia 8 Tahun Bernama Muhammad Huffaz Al Arif dan putri ke dua Bernama Agitsna FaAiza Arifa usia tiga tahun, profesi utamanya sebagai dosen di STIS Darul Falah Pagutan Mataram NTB, sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua I bidang akademik STIS Darul Falah.

Perjalanan pendidikannya dimulai dari SDN 05 Banyumulek, kemudian melanjutkan di SMP Salafiyah Darul Falah, SMA Darul Falah dan mengenyam Pendidikan Agama di Pondok Pesantren Darul Falah Pagutan Mataram selama 12 Tahun. Selanjutnya pendidikan S1 Ia tempuh di Universitas Muhammadiyah Mataram yang sekarang menjadi UMMAT pada tahun 2009 – 2014 serta Pendidikan Pascasarjana (S2) di IKIP Mataram yang saat ini menjadi UNDIKMA dan Ia lulus tahun 2016. Ia juga menempuh Pendidikan Doktor (S3) di IAIN Jember yang saat ini bertransformasi menjadi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN Khas Jember) melalui program beasiswa yang diselenggarakan oleh bapak Presiden Jokowi dodo, program Mora Scholarship 5000 doktor, Ia masuk pada tahun 2017 dan menjadi lulusan termuda di usia 30 tahun menjadi doktor ke 30 IAIN Jember Jawa Timur pada tahun 2020 dan meraih pridikat nilai cumlaude.

Selama menjadi mahasiswa S1 Ia mengabdi menjadi TU sekaligus Guru di SMP Salafiyah Darul Falah dan Madrasah Diniyah Darul Falah, pada saat Ia menjadi mahasiswa S2 IKIP Mataram Ia juga aktif sebagai guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 02 Gerung Lombok Barat NTB.

Keseharian Ia menjadi dosen STIS Darul Falah Pagutan Mataram dan juga sebagai pengasuh Yayasan Pesantren Ma’rifatul Falah sekaligus guru ngaji TPQ dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Ma’rifatul Falah Banyumulek, karena Ia termotivasi dengan kata-kata yang diungkapkan oleh sang Guru Almukarram Bapak TGH. Muhammad Mustiadi Abhar Pengasuh Ponpes Darul Falah, “Santri-santriku, kalian sekolah model apapun, setinggi apapun yang terpenting jangan tinggalkan ngaji”.” Doktor muda ini juga aktif mengabdi di beberapa organisasi diantaranya; Ia sebagai sekretaris Ikatan Alumni Darul Falah (IKADAFA), sebagai ASESOR PPG Nasional Kemendikbudristek RI, sebagai sekretaris Perkumpulan dosen dan peneliti Indonesia DPW (PDPI) Nusa Tenggara Barat (NTB), sebagai Ketua MWC NU Kediri Lombok Barat,. Adapaun rekognisinya; menjadi presenter luar negeri di faculty of educational Studies UPM, Selangor Malaysia, Fatoni University Thailand dan presenter di Kolej Islam Teknologi Antar Bangsa Pinang Malaysia. Ia juga pernah sebagai invited speaker ACIEM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pernah menjadi wakil ketua I Lembaga dan Kursus Pelatihan (LKP) Bahasa Asing Darul Falah dan sebagai Auditor Internal STIS Darul Falah Pagutan Mataram NTB.

Doktor Muhamad Arifin, M.Pd juga sebagai penulis aktif, diantara beberapa karyanya yang sudah terbit berupa buku dan jurnal adalah;

  • Model dan Strategi manajemen Konflik dalam Rumah Tangga
  • Manajemen Masjid (panduan dalam membangun dan memakmurkan masjid)
  • Gagasan Konsep Inovasi Pendidikan
  • Budaya Organisasi Pesantren
  • Pengantar Manajemen
  • Pendidikan Pesantren; Solusi atas Moralitas Anak Bangsa
  • Perencanaan Desain dan Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan Islam; Proceeding The First Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM) Islamic Education Management for Millenial Generation; Quality and Competitiveness
  • Strategi Komunikasi Kiai Pesantren Darul Falah dalam Perubahan budaya merariq Nyongkolan
  • Manajemen dan Gaya Kepemimpinan dalam Mengembangkan Pondok Pesantren
  • Analisis Perubahan ritual Rebo Bontong Suku Sasak melalui Kepemimpinan Kiai Pesantren Darul Falah Mataram Lombok
  • Upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan Eksistensi Sekolah
  • Manajemen Hotel di Lombok NTB dalam branding Wisata
  • Kepemimpinan serta dampak lingkungan bagi spiritual leader: Studi Pondok Pesantren Darunnajah al Falah Lombok Barat NTB
  • The Use of Task-based in teaching writing exposition text; an experimental study at the second year student’s of SMK Darul Falah
  • The Correlation Between Students Reading Skill and Writing Achievement of the second Grade students of SMA Darul Falah
  • Kepemimpinan Tuan Guru Pesantren Darul Falah dalam Perubahan Budaya Rebo Bontong,
  • Dan beberapa karya lainnya yang belum penulis cantumkan.

Dr. Muhammad Arifin, M.Pd mulai merintis Yayasan Pesantren Ma’rifatul Falah pada tanggal 8 Juni 2015 dan kemudian membentuk beberapa lembaga yang bernaung dibawah Yasan Pesantren Ma’rifarul Falah yaitu Madrasah Diniyyah Takmiliyah, Taman Kanak-kanak Berbasis Pesantren, Tahfiz al Quran, Tahsin Al Qur’an, Majlis Ta’lim, PUSAT BIMBEL BAHASA INGGRIS & MATEMATIKA “MaFa Education Center” Melayani les Privat TK, SD, SMP, SMA & UMUM dan Sekolah Literasi Ma’rifatul Falah. Ia mendirikan yayasan tersebut murni pengabdian dan khidmat. Karena ketika di Pesantren, Tuan Guru menginginkan santrinya ketika terjun ke masyarakat, agar paling tidak memikirkan beberapa hal, yaitu Ekonomi umat/sosial, dakwah, dan Pendidikan. Jadi Ia memilih bidang pendidikan sebagai lahan pengabdian. Ia berharap dengan dedikasi ini dapat memotivasi bagi generasi setelahnya khususnya bagi para santri yang menimba ilmu di pondok pesantren untuk melangkah lebih maju “We can if we think We can” ungkapnya, serta harapan besarnya dapat membawa berkah bagi keluarga dan umat di dunia dan akherat.

Dr. Muhamad Arifin, M.Pd juga menyampaikan bahwa ; saat ini kita berada di zaman metaverse yaitu zaman canggih seperti saat ini atau zaman disruption yang biasa di kenal dengan disruptive innovation (inovasi disruptif) yaitu inovasi yang membantu menciptakan pasar baru, mengganggu atau merusak pasar yang sudah ada, pada akhirnya menggantikan teknologi terdahulu tersebut. Zaman ini adalah perkembangan dari ramalan Alvin Toffler mengenai evolusi perkembangan manusia Menurutnya, tiga gelombang peradaban manusia tersebut adalah era pertanian, industry dan era informasi dan komunikasi.

Pada gelombang ke tiga -informasi dan komunikasi saat ini ditandai dengan cepatnya mobilitas informasi sehingga menyebabkan Tingkat efektifitas, efesiensi dan produktifitas sangat tinggi. Manusia pada gelombang ini dikenal dengan Masyarakat ilmu pengetahuan dan informasi. Pengetahuan dan informasi menjadi sangat dominan dalam menentukan keberhasilan. Pada zaman ini peningkatan produktivitas 50 kali lipat dari era sebelumnya. Saat ini kekayaan yang paling berharga adalah para knowledge worker. Yang menjadi perebutan di zaman ini adalah talenta individu yang memiliki ilmu pengetahuan dan informasi, dengan prilaku yang bersedia berbagi (sharing) dan kerjasama dengan orang lain atau dalam istilah lain building positive working relationship (mengembangkan dan menggunakan hubungan kolaboratif untuk memfasilitasi pencapaian tujuan kerja sebagai pengajar. Masyarakat pada gelombang ke tiga ini dikenal dengan generasi millennial.

Harapannya untuk STIS Darul Falah Pagutan NTB adalah, “Semoga bisa menjadi mercusuar di daerah pulau seribu masjid dalam mencetak ahli hukum islam yang maju kompetitif, inovativ berbasis kutubutturats terintegrasi IPTEK, dan konsisten mencetak generari ilmiah yang bermanhaj Ahlussunnah wal jamaah dan cinta NKRI dan semoga apa yang sudah terbangun di STIS Darul Falah bisa lebih ditingkatkan lagi.”

Facebook Comments Box