STIS Dafa Mataram Ikuti Pelatihan TPPO

Bahaya dan Pencegahan Pernikahan Anak

Kegiatan ini dilaksankan oleh NGO Dark Bali, Unbound Indonesia, dan Yayasan Generasi Bisa menggelar Pelatihan dan Sosialisasi Pengetahuan Dasar Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Bahaya dan Pencegahan Pernikahan Anak. Kegiatan pelatihan berlangsung di Auditorium H. Anwar Ikraman Ummat dari tanggal 17 sampai 18 Mei 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., sekaligus membuka acara yang didampingi Kadis DP3AP2KB dan Kadis Disnakertrans Provinsi NTB. Adapun tema yang diusung yaitu Pencegahan Human Trafficking dan Child Marriage. Peserta pelatihan tidak hanya berasal dari mahasiswa STIS Darul Falah melainkan dari mahasiswa dari berbagai di mataram termasuk mahasiswa Universitas Muhamadiyah Mataram,.

Dalam kegiatan tersebut Putu Dharma Asthi, S.S., perwakilan dari NGO dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan proyek kolaborasi yang dilakukan oleh tiga NGO yang bergerak di bidang tindak perdagangan orang yaitu Dark Bali, Unbound Indonesia, dan Yayasan Generasi Bisa yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Mataram.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah dengan dasar pemikiran bahwa tindak pidana perdagangan orang adalah kejahatan kemanusiaan yang sangat kompleks, dengan akar permasalahan yangan sangat kompleks pula. Modus dan cara yang digunakan juga sangat beragam dan terus berkembang dan melibatkan sejumlah sindikat sebagai pelakunya.

“Oleh sebab itu untuk memberantas perdagangan orang memerlukan kerjasama yang harmonis dari pada pihak-pihak terkait mulai dari keluarga,masyarakat, lembaga pendidikan, lembaga masyarakat, dan tetunya yang terpenting adalah lembaga pemerintahan di setiap tingkatan,” tutur Putu Dharma Asthi.

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari ini dilakukan dengan metode interaktif mengenalkan dasar-dasar serta unsur-unsur tidak pidana perdagangan orang dan membahas isu-isu yang terkait sehingga diharapkan bisa bersama-sama belajar memahami serta mengidentifikasi dan tentunya dapat membagikan wawasan dalam pelatihan ini kepada keluarga dan komunitas terdekat di lingkungan kita sehingga semua masyakarakat dapat merasakan mamfaatnya.

Salah satu Peserta dari STIS Darul Falah memberikan pertanyaan kepada narsumber pada kegiatan pelatihan TPPO.

 

Add a Comment

Your email address will not be published.