Kopertais Wilayah XIV Mataram Gelar Rapat Kerja Tahunan

Penguatan Kelembagaan dan Kerjasama Menuju PTKIS Berdaya saing, Mandiri dan Unggul

Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XIV Mataram menggelar Rapat kerja tahunan Kopertais Wilayah XIV Mataram bersama Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Bali, NTB, dan NTT Tahun 2022 bertajuk “Dalam Rangka Penguatan Kelembagaan dan Kerjasama Menuju PTKIS Berdaya saing, Mandiri dan Unggul” yang berlansung di Hotel Aston Mataram dari hari Jum’at-Minggu (03-05-2022).
Rektor UIN Mataram selaku Koordinator Kopertais Wilayah XIV Mataram Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag., saat membuka acara menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan raker Pimpinan PTKIS ini, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta membutuhkan kemandirian dalam mengelola perguruan tinggi, apalagi di era metaverse sekarang ini PTKIS hanya memiliki dua pilihan yaitu meningkatkan kompetensi digital atau ditinggal.
Sekretaris Kopertais XIV Mataram Dr. H. Nazar Naamy, M.Si, menyampaikan Tujuan dari kegiatan rakerpim ini adalah diharapkan terjalinnya komunikasi dan informasi dalam bentuk koordinasi antara Kopertais XIV Mataram dengan PTKIS yang ada dibawah binaannya, dan meningkatkan mutu pengelolaan dan mutu pelayanan, peningkatan sumber daya manusia (Dosen dan tendik).
Rapim PTKIS yang berlansung selama dua hari ini melahirkan program penguatan kepegawaian, penguatan akademik, dan penguatan kerjasama, rapat kerja ini juga menghasilkan MOU antara UIN Mataram dengan PTKIS dibawah binaan Kopertai XIV Mataram dalam pengembangan dan peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Hadir sebagai Narasumber Dr. Thobib Al Asyhar,S.Ag,M,Si (Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama) DIKTIS, beliau menyampaikan terkait Arah kebijakan pembinaan kelembagaan dan kerjasama Direktorat Perguruan Tinggi keagamaan Islam menuju PTKIS yang memiliki daya saing, unggul dan mandiri. Beliau menekankan pada tata kelola perguruan tinggi Good University Government, Perguruan tinggi harus memiliki inovasi, distingsi dan novelty agar menjadi Perguruan Tinggi yang unggul dan berprestasi.
Ketua Forpim PTKIS Dr. H. M. Nastir Nasir,M.Pd menyampaikan hasil rapat setiap komisi forpim PTKIS diantaranya : Komisi I Bidang pengembangan akademik. Bimtek Penyusunan Kurikulum KMMB Kopertais XIV. Penguatan SPMI melalui LPM PTKIS dan penguatan layanan akademik digital (WEB, SIAKAD dan SISTER. Komisi II Bidang Kelembagaan dan Kerjasama; penguatan akreditasi program studi dan penguatan MOU dalam peningkatan mutu PTKIS. Komisi III, Bidang Ketenagaan; sosialisasi dan rekrutmen sertifikasi dosen, dan penyusunan panduan Jafung oleh Kopertais. Komisi IV, Bidang Sarpras dan Kemahasiswaan; Pekan ilmiah seni dan olah raga mahasiswa Intra kopertais. Komisi V, Bidang Penelitian dan pengabdian Masyarakat; Penyelenggaraan seminar Internasional dan temu Ilmiah oleh Kopertais berbasis jurnal dan proceeding. Komisi VI, bidang pendanaan; Iuran PTKIS dan sharing kegiatan dan terakhir Komisi VII, Bidang AD/ART; Penyempurnaan AD/ART.
Kemudian dilanjutkan acara penutupan dengan do’a bersama para peserta pimpinan PTKIS dibawah naungan Kopertais Wilayah XIV Mataram.

Add a Comment

Your email address will not be published.