Seminar Manajemen Pondok Pesantren dan Ilmu Falaq

SEMINAR MANAJEMEN PONDOK PESANTREN

Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Darul Falah Mataram – Sebagai salah satu kampus berbasis pesantren yang menyelenggarakan prodi Hukum Keluarga (Ahwal Al Syaksyiah) dan Hukum Ekonomi Syari’ah untuk menyiapkan tenaga Hukum yang terampil dan professional.

Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Darul Falah berbasis pesantren yang mengintegrasikan kutubutturas dengan IPTEK menggelar Seminar dengan tema “Manajemen Pondok Pesantren” Senin (19/4/21 – 27/4/21).

Seminar berlangsung di Aula Al Abhar Ponpes Darul Falah Mataram dibuka oleh Wakil Ketua I Dr. Muhamad Arifin,M.Pd yang didampingi oleh Dosen STIS DAFA Mataram Ust. H. Zainun, M.Pd.I sekaligus Rois Madrasah Diniyah Darul Falah serta diikuti oleh mahasiswa STIS DAFA dan para pengurus Pondok Pesantren Darul Falah Mataram.

Seminar menghadirkan dua narasumber yakni Dr. Abd. Hayyi Akram, M.Pd, dan Dr. Muhamad Arifin, M.Pd yang kedua narasumber ini adalah Doktor Pascasarjana IAIN JEMBER Jatim yang fokus pada bidang Manajemen Pendidikan Pesantren. Kedua narasumber tersebut menyampaikan materi sebagai berikut:

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Pondok Pesantren
  2. Kepemimpinan Pondok Pesantren
  3. Manajemen Konflik di Pondok Pesantren
  4. Budaya Organisasi Pondok Pesantren
  5. Decision making (pengambilan keputusan) di Pondok Pesantren
  6. Manajemen Budgeting (Pengelolaan keuangan) Pondok Pesantren
Facebook Comments Box

Leave a Reply